Senin, 25 Februari 2013

cara kerja elektronik mail ( e - mail )

     Orang menggunakan email setiap hari, tetapi tidak benar-benar mengerti cara kerjanya, dengan asumsi itu terlalu teknis. Konsep email cukup sederhana. Sama seperti Anda tidak perlu tahu bagaimana untuk memperbaiki kendaraan pengiriman USPS untuk memahami bagaimana surat sampai ke kotak surat Anda, Anda tidak harus memahami geek-berbicara untuk mengetahui bagaimana email sampai ke tujuan yang dimaksud.
     Banyak persamaan ada antara email dan surat pos tradisional. Perbedaan terbesar adalah dalam kecepatan, yang mengapa surat biasa disebut sebagai snail mail. Jika tidak, kesamaan antara email dan surat yang banyak. Sebuah pesan terdiri atas komputer dengan menggunakan email program : klien. Program email mengkombinasikan teks yang Anda tulis (tubuh) dengan penerima, subjek, tanggal, dan waktu(header). Program email Anda (klien) kemudian mengirimkan pesan ke server email dengan menggunakanTransfer Protocol Pesan sederhana, atau SMTP.
     Server email pada dasarnya adalah sebuah program yang berjalan pada komputer lain. Bagi kebanyakan orang, komputer terletak di penyedia layanan Internet Anda, atau ISP.


 Bagaimana email bekerja Email

     didasarkan seputar penggunaan kotak surat elektronik. Ketika sebuah email dikirim, pesan diarahkan dari server ke server, semua jalan ke server email penerima. Lebih tepatnya, pesan akan dikirim ke mail server bertugas mengangkut email (disebut MTA, untuk Agen Mail Transport) ke penerima MTA.Di Internet, MTA berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan protokol SMTP , sehingga secara logis disebut server SMTP (atau kadang-kadang server surat keluar).
     Para penerima MTA kemudian memberikan email ke server surat masuk (disebut MDA, untuk Agen Mail Delivery), yang menyimpan email karena menunggu pengguna untuk menerimanya.
Ada dua protokol utama yang digunakan untuk mengambil email pada MDA:

• POP3 (Post Office Protocol), yang lebih tua dari dua, yang digunakan untuk mengambil email dan, dalam kasus tertentu, meninggalkan salinan di server.

• IMAP (Internet Message Access Protocol), yang digunakan untuk mengkoordinasikan status email (baca, dihapus, pindah) di beberapa klien email. Dengan IMAP, salinan setiap pesan disimpan di server, sehingga tugas sinkronisasi dapat diselesaikan.


     Untuk alasan ini, server surat masuk disebut server POP atau IMAP server, tergantung pada protokol yang digunakan. Untuk menggunakan analogi dunia nyata, MTA bertindak sebagai kantor pos (daerah menyortir dan pembawa surat, yang menangani transportasi pesan), sedangkan MDAs bertindak sebagai kotak surat, pesan toko yang (sebanyak volume mereka akan memungkinkan) sampai penerima cek kotak. Ini berarti bahwa tidak perlu bagi penerima untuk dihubungkan dalam rangka bagi mereka untuk mengirim email. Untuk menjaga semua orang dari memeriksa email pengguna lain ', MDA dilindungi oleh nama pengguna disebut login dan oleh password. Mengambil mail dilakukan dengan menggunakan sebuah program perangkat lunak disebut MUA (Mail User Agent). Ketika MUA adalah program yang diinstal pada sistem pengguna, itu disebut email client (seperti Mozilla Thunderbird, Microsoft Outlook, Eudora Mail, Incredimail atau Lotus Notes). Ketika itu adalah antarmuka web yang digunakan untuk berinteraksi dengan server surat masuk, itu disebut webmail.
     Pada server, pesan akan dibedah dan diambil dari penerima pesan Untuk, Cc, dan bidang Bcc di header. Server SMTP kemudian menemukan komputer host untuk penerima. Misalnya, jika pesan sedang dikirim ke billg@microsoft.com, server terlihat sampai microsoft.com dan mengirim pesan ke komputer tersebut. Untuk beberapa nanodetik, pesan melompat di Internet karena membuat koneksi ke komputer tujuan.
     Pada komputer tujuan, lain server SMTP menjemput pesan dan barang ke kotak surat untuk pengguna dimaksudkan. Di sana, ia duduk dan menunggu sampai pengguna log in untuk mengumpulkan mail. Tapi kotak surat pada server bukanlah hal yang sama seperti kotak masuk dalam program email PC Anda. Program mail penerima mengumpulkan pesan baru dari server ISP nya.
     Program mail menggunakan Post Office Protocol (POP) untuk mengambil pesan. POP digunakan sebagai pengganti SMTP karena pesan email tidak lagi dikirim di Internet, telah tiba. Semua POP tidak akan mengambil pesan yang menunggu di server dan transfer kembali ke komputer pengguna dan program emailnya. Setelah pesan e-mail adalah pada komputer penerima, mereka disimpan dalam database. Diam-diam, semua program email adalah program database. Setelah pesan diterima, mereka ada di berbagai surat diselenggarakan oleh program email Anda: Inbox, Deleted Items, dan sampah, misalnya.

• Metode email dijelaskan di sini tidak berlaku untuk email sistem di organisasi-organisasi besar, seperti Lotus Notes atau Microsoft Exchange.

• Selain POP adalah Pesan Akses Internet Protocol (IMAP) metode membaca email. Tidak seperti POP, IMAP tidak menghapus pesan dari kotak pesan pengguna pada server sampai pengguna menghapus pesan. Berbasis web program email, seperti Gmail dan Hotmail, biasanya lebih memilih IMAP.

• Email Anda disimpan di komputer ISP sampai Anda mengambilnya. Kecuali Anda mengambil pesan-pesan, kotak surat Anda pada server mail ISP terus mengisi sampai begitu kembung bahwa pesan tidak lebih dapat diterima.

• Kebanyakan ISP membatasi ukuran kotak surat Anda. Selain itu, akun Anda mungkin memiliki batas ukuran pada pesan individu, yang sering tidak dapat lebih besar dari 5 atau 10 megabyte.Hubungi ISP Anda untuk spesifik.

• Ketika kotak surat Anda akan penuh, ISP memantul setiap email baru Anda mungkin menerima.Pesan akan dikembalikan ke komputer SMTP pengiriman, tetapi pengirim tidak dapat menerima pemberitahuan bahwa pesan telah bangkit.

 Buka estafet

     Secara default, dan untuk alasan historis, tidak perlu untuk mengotentikasi diri untuk mengirim email, yang berarti bahwa sangat mudah untuk memalsukan alamat sendiri saat mengirim email. Untuk alasan ini, hampir semua penyedia layanan Internet mengunci server SMTP mereka bahwa hanya pelanggan mereka dapat menggunakannya, atau lebih tepatnya mesin hanya alamat IP yang milik domain ISP. Hal ini menjelaskan mengapa pengguna bepergian harus mengubah pengaturan server keluar pada klien email mereka setiap kali mereka pindah ke rumah baru atau bisnis.
     Ketika server email organisasi adalah tidak benar dikonfigurasi dan memungkinkan pihak ketiga pengguna pada jaringan untuk mengirim email, ini disebut relay terbuka. Relai terbuka umumnya digunakan oleh spammer, karena menggunakan mereka menyembunyikan asal-usul sebenarnya dari pesan mereka. Akibatnya, banyak ISP menjaga blacklist up-to-date dari relai terbuka, untuk menjaga pelanggan dari menerima pesan dari server tersebut.

 referensi : http://sapitenk.cjb.net

atau langsung download ebooknya disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar